Jumat, 29 September 2017

Harga Avanza Veloz Terbaru

Avanza Veloz
Toyota New Avanza Veloz 2014, apakah anda ingin tahu harga, fitur, spesifikasi dan melihat foto-fotonya? Silakan anda baca di halaman ini. Kami akan menuliskan secara mendetail ihwal All New Veloz 2014 untuk anda. Mulai dari fitur-fitur yang di sediakan, spesifikasi dari kendaraan beroda empat ini, beserta foto-foto interior serta eskterior.

Jika dapat di katakan, All New Avanza yaitu kendaraan beroda empat idaman keluarga Indonesia, baik untuk keperluan sehari-hari atau berlibur. Kenapa berani aku katakan kendaraan beroda empat idaman keluarga di Indonesia? Karena New Toyota Veloz, menunjukkan begitu banyak hal yang sebuah keluarga inginkan dari kendaraan beroda empat mereka. Seperti irit materi bakar, bisa memuat jumlah penumpang sebanyak 6 orang cukup umur dan memiliki design modern.

New Avanza Veloz Varian Terbaru Dari Mobil Keluarga Toyota

Diluncurkannya Veloz Ini, berawal dari pihak Toyota Indonesia menghilangkan kendaraan beroda empat Avanza varian tipe S. Anda pasti bertanya apa arti dari kata Veloz. Kata Veloz berasal dari kata Velocity yang berarti kecepatan. Menurut Toyota Indonesia, Avanza 1500 cc terbaru pantas menyandang nama Veloz, sebab kendaraan beroda empat ini mengalami perubahan dari kendaraan beroda empat sebelumnya yang lebih mengarah pada kecepatan. Didukung dengan design aerodinamis, bisa membuat kendaraan beroda empat ini sangat mudah dikendalikan, walaupun dikemudikan dalam kecepatan tinggi.

Mengenai fitur-fitur dan spesifikasi New Veloz, hampir sama dengan All New Avanza. Jika hampir sama, pastinya anda bertanya, perbedaannya di mana. Silakan lihat disini, perbedaan All New Avanza dengan Avanza Veloz.

Fitur New Avanza Veloz Standar 2014
  • Desain Exterior and Interior yang modern (semua tipe)
  • Memiliki audio system (1.5) dengan 2 DIN (semua tipe)
  • Desain steering yang gres dengan EPS dan tilt steering (semua tipe)
  • Sensor parkir belakang (semua tipe)
  • Desain ventilasi udara samping yang gres (semua tipe)
  • Desain ventilasi udara tengah yang gres (semua tipe)
  • Desain velg dengan Alloy Wheel (semua tipe)
  • Dual SRS Airbags (semua tipe)
  • EPS (Electronic Power Stering) & ABS (Anti-lock Braking System)
  • Sabuk pengaman dengan sistem pretensioner & force limiter.
Fitur New Veloz Luxury 2014
Di bulan Juni 2014, Toyota Indonesia secara resmi menambah pilihan varian dari New Veloz dengan aksesori varian luxury. Penambahan varian Veloz Luxury untuk mengimbangi produk kendaraan beroda empat honda Mobilio prestige. Lalu fitur apa saja yang anda pada Veloz luxury? Semua fitur Veloz standar ada pada luxury hanya dirubah untuk episode dibawah ini:
  • Tambahan emblem Luxury di episode belakang.
  • Rear seat entertainment
  • Sporty wooden panel
SPESIFIKASI

1. MESIN

VELOZ 1.5 A/T & VELOZ 1.5 M/T

Seri Mesin 3SZ-VE
Tipe Mesin IL, 4 Cyl, 16 V, DOHC, VVT-i
Isi Silinder (cc) 1.495
Diameter x Langkah (mm) 72.0 x 91,8
Daya Maksimum (Ps/rpm) 104/6,000
Torsi Maksimum (Kgm/rpm) 13,9/4,400
Sistem Pemasukan Bahan Bakar EFI
Bahan Bakar Unleaded Gasoline Unleaded Gasoline
Kapasitas Tangki (liter) 45
Steering (Power Steering) Dengan (Electric Power Steering)

2. PERBEDAAN SASIS VELOZ 1.5 A/T  & VELOZ 1.5 M/T
2.1 SASIS VELOZ 1.5 A/T                                             
Transmisi / Transmition : 4 speed A/T
Perbandingan Gigi 1 : 2.731
Perbandingan Gigi 2 : 1.526
Perbandingan Gigi 3 : 1.000
Perbandingan Gigi 4 : 0.696
Perbandingan Gigi 5 : -
Perbandingan Gigi Mundur : 2.290
Perbandingan Gigi Final : 5.125
Suspensi Depan : Macpherson Strut with Coil Spring
Suspensi Belakang : 4 Link w/ Lateral Rod with Coil Spring
Rem Depan : Disc
Rem Belakang : Drum
Steering Gear : Rack & Pinion
Ukuran Ban : 185/65 R15
Sistem Rem Tambahan  : Anti-Lock Brake System (ABS)

2.2 SASIS VELOZ 1.5 M/T
Transmisi / Transmition  : 5 Speed M/T
Perbandingan Gigi 1 : 3.769
Perbandingan Gigi 2 : 2.045
Perbandingan Gigi 3 : 1.376
Perbandingan Gigi 4 : 1.000
Perbandingan Gigi 5 : 0.838
Perbandingan Gigi Mundur : 4.128
Perbandingan Gigi Final : 4.875
Suspensi Depan : Macpherson Strut with Coil Spring
Suspensi Belakang : 4 Link w/ Lateral Rod with Coil Spring
Rem Depan : Disc
Rem Belakang : Drum
Steering Gear : Rack & Pinion
Ukuran Ban : 185/65 R15
Sistem Rem Tambahan : Anti-Lock Brake System (ABS)

3. DIMENSI Panjang Veloz 4.150 mm
Lebar Veloz 1.660 mm
Tinggi Veloz 1.695 mm
Jarak Poros Roda 2.655 mm
Jarak Pijak Depan 1.425 mm
Jarak Pijak Belakang 1.435 mm
Ground Clearance 200 mm
Radius Putar Mobil 4.7 meter
Macpherson Strut with Coil Spring

3. HARGA AVANZA VELOZ
Anda ingin tahu harga Avanza gres 2014, di halaman website ini kami akan menyampaikan daftar harga terbaru dari All New Avanza & New Avanza Veloz.

  1. All New 1.3 E M/T Rp. 163.150.000
  2. All New 1.3 E A/T Rp. 173.700.000
  3. All New 1.3 G M/T Rp. 179.100.000
  4. All New 1.3 G A/T Rp. 189.800.000
  5. All New 1.3 G M/T Luxury Rp. 184.600.000
  6. 1.3 G A/T Luxury Rp. 195.300.000
  7. 1.5 G M/T Luxury Rp. 191.600.000
  8. All New 1.5 G M/T Rp. 186.100.000
  9. Veloz 1.5 M/T         Rp. 192.200.000
  10. Veloz 1.5 A/T         Rp. 203.700.000
  11. Veloz 1.5 M/T Luxury Rp. 198.200.000
  12. Veloz 1,5 A/T Luxury Rp. 209.700.000

Sumber http://www.bekasiotomotif.com

Inilah Harga dan Mengatasi kaki kaki mitsubishi kuda Mirage

Mengatasi kaki kaki mitsubishi kuda Mirage-Tidak sedikit pemilik Mitsubishi Mirage mengeluhkan bunyi gluduk-gluduk yang kerap timbul di sisi kaki-kaki depan Mitsubishi Mirage setiap kali melewati jalan rusak, atau tidak rata atau melewati polisi tidur.

Berdasarkan beberapa testimoni, bunyi tersebut muncul di umur yang relatif masih muda menyerupai dibawah 10.000 km dan beberapa orang mengeluhkan pada ketika dibawah 20.000 km.

Beberapa tindakan telah dilakukan untuk mengatasi bunyi-bunyi ini menyerupai mengencangkan semua baut-baut yang ada di tempat kaki-kaki depan pada ketika servis di bengkel resmi (Beres) akan tetapi duduk perkara tetap ada


Apabila Anda mengikuti group IMEC di FB, sumber bunyi yang berhasil di identifikasi yaitu dari karet bushing lower arm yang sudah lemah

Mengatasi kaki kaki mitsubishi kuda Mirage
Mengatasi kaki kaki mitsubishi kuda Mirage
Mengatasi kaki kaki mitsubishi kuda Mirage
Mengatasi kaki kaki mitsubishi kuda Mirage

Solusi nya yaitu mengganti bushing tersebut dengan bushing custom musti dibubut dahulu supaya pas dengan Mitsubishi Mirage. Untuk melalukan penggantian bushing ini dapat dilakukan di bengkel kaki-kaki.

Apabila kita komplain ke Bengkel Resmi kemungkinan besar yang dilakukan yaitu mengganti secara keseluruhan lower arm nya (dengan bushing yang masih ori)

Beberapa bengkel yang telah terbukti mengerjakan nya adalah:

1. Bengkel Marathon bandung, dengan kisaran harga 1 bushing Rp. 250.000, jasa pasang Rp. 250.000, total biaya : Rp.750.000
2. Bengkel Uban Jaya Motor (Bintaro), dengan kisaran total biaya Rp.700.000

Mengatasi kaki kaki mitsubishi kuda Mirage
 Bushing Mitsubishi Mirage di Ganti dengan Bushing Custom
 3. Karet bushing di ganti dengan karet custom berbahan polyurethane yang berbahan tebal. Terbukti bunyi-bunyi  menghilang, terasa lebih empuk lewat jalan berlubang dan polisi tidur.

Mengatasi kaki kaki mitsubishi kuda Mirage
Pemasangan karet custom (warna merah) berbahan polyurethane di lower arm Mitsubishi Mirage

Sumber http://www.bekasiotomotif.com

Merawat Velg Mobil Motor Teflon Aluminium Clear coat Crome


Cara Merawat Velg Sesuai Macam Jenisnya-Beda barang beda perawatan,oleh alasannya yaitu itu perhatikan secara seksama jenis dan sifat barang yang kita miliki semoga mengetahui cara merawatnya.Contohnya Cara Merawat velg sesuai Macam Jenisnya.

Pada kesempatan kali ini admin akan membahas ihwal Cara Merawat Velg Sesuai Macam Jenisnya.Bagian yang tidak terpisah dengan Ban ini berfungsi utama dalam menjaga kenyamanan perjalan kendaraan anda.agar velg tetap terlihat bagus dan memperkuat kesan elegan pada kendaraan.berikut ini beberapa Tips Cara Merawat Velg Sesuai Macam Jenisnya.

Cara Merawat Velg Sesuai Macam Jenisnya


1.     Teflon
Beberapa manufaktur Velg besar menyediakan lingkar besi velg yang di lapisi Teflon.selain meningkatkan daya tahan velg ,lapisan ini membuat velg menjadi lebih mudah di bersihkan.kuncinya , anda cukup membersihkannya menggunakan sabun atau pembersih velg secara rutin.hindari penggunaan materi bahan abrasif atau asam pada velg , ingat jangan membersihkan velg ketika sedang dalam kondisi panas atau kendaraan gres saja di gunakan.
2.     Aluminium
Velg berbahan ini sangat populer di gunakan di dunia balap.saat masih gres lapisan velg ini dengan coating atau waxing khusus velg berkualitas.lapisan ini akan melawan debu bekas rem dan kontaminan lain.saat pudarnya sudah mulai redup, lakukan pembersihan dan pemolesan ulang dengan menggunakan mesin poles.jika ingin menyikat velg ini jenis ini harus berhati hati alasannya yaitu bila terlalu berpengaruh akan meninggalkan baret pada velg.pilih cairan pembersih velg yang sesuai dan jangan lupa segera keringkan dengan kain lembut setelah dibersihkan dengan cairan pembersih tersebut.
3.     Krom
Velg aluminium atau baja yang di lapisi dengan krom memang terlihat indah dan akan mengubah tampilan kendaraan beroda empat dengan cukup sempurna.gunakan sikat halus,sabun atau materi cairan pembersih velg.setelah material tersebut di aplikasikan,segera siram dengan air,jangan hingga mengering dengan sendirinya.sisa pembersih yang tertinggal dapat menjadikan noda.keringkan secara merata.jangan biarkan debu bekas aspal hingga serbuk bekas rem menumpul di velg.
4.     Clear coat
Velg dengan cat bening non-pigmented alias bening ini sama menyerupai velg-velg bawaan kendaraan beroda empat ketika keluar dari pabrik.perawatannya hanya membutuhkan sabun dan pembersih velg berkualitas,air dan sikat halus.setelah itu dapat di lapisi dengan non-abrasif polymer sealant wax atau pelapis lainnya untuk mencegah debu dan partikel garang lain yang menempel di velg.

Nah ..!!! sangat mudah kan cara merawat velg, terima kasih sudah membaca CaraMerawat Velg Sesuai Macam Jenisnya.semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian.Baca Juga :

Sumber http://www.bekasiotomotif.com

Cara Mudah Mengganti Saringan Udara Kabin Ac Mitsubishi


Saringan Udara (Air Filter) kabin (A/C) merupakan salah satu suku cadang kendaraan beroda empat yang yang habis terpakai (expendable part) yang rutin diganti sesuai dengan aliran buku petunjuk service (service booklet)

Berdasarkan buku petunjuk Service Mitsubishi Mirage, ada 2 interval yang mengatur penggantian saringan udara A/C Mitsubishi Mirage, yaitu:
  1. Untuk kendaraan beroda empat dengan pemakaian normal setiap 10.000 km atau 6 bulan, yang mana terlebih dahulu
  2. Untuk kendaraan beroda empat dengan pemakaian berat dianjurkan interval nya lebih pendek walaupun tidak disebut secara spesifik berapa sering lebih cepatnya

Fungsi Saringan Udara (Filter) Kabin (A/C)

Fungsi filter kabin untuk Mitsubishi Mirage yang merupakan komponen untuk menyaring kotoran dan debu yang akan masuk ke evaporator AC mobil, sehingga evaporator menjadi lebih bersih & awet. Dengan carbon filter ini udara yang dihasilkan dari blower AC lebih bersih dan fresh.

Harga Saringan Udara A/C Mitsubishi Mirage

Cabin Filter Mitsubishi Mirage merek Kyoto, klik disini untuk membeli di Blibli.com
Harga Saringan Udara Mitsubishi Mirage di bengkel resmi (Beres) tempat Jabodetabek ketika ini (Sept 2015) yakni sekitar 180 ribu rupiah. Apabila Anda mencari alternatif yang lebih murah, Anda dapat mempertimbangkan pemakaian saringan udara merek lain (bukan OEM Mitsubishi) ibarat merek Kyoto atau Sakura


Apabila Anda ingin meningkatkan performa mesin Mitsubishi Mirage kesayangan Anda, Anda dapat melakukannya dengan salah satu cara yang paling simpel, yaitu mengganti saringan udara standar dengan saringan udara berkualitas ibarat Saringan udara Ferrox khusus Mitsubishi Mirage

Saringan  udara Ferrox Mitsubishi Mirage terbuat dari baja anti karat (stainless steel) tipe 304, yang mengandung 18% kromium dan 8% nikel yang membuatnya anti karat sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang sangat lama apabila dibandingkan dengan saringan udara OEM yang terbuat dari materi ibarat kertas

Saringan udara Ferrox juga gampang dibersihkan, cukup dengan menggunakan air bersih dan sabun cair, sikat secara halus setiap 2000 km atau setiap 5000 km sekali. Hindari penggunaan bensin, oli, gemuk, dan cairan kimia pembersih filter udara lainnya dalam membersihkan saringan udara Ferrox

Anda dapat membeli saringan udara Ferrox Mitsubishi Mirage secara online melalui website belanja terpercaya, Lazada.co.id melalui link dibawah ini

Cara Mudah Mengganti Saringan Udara A/C Mitsubishi Mirage

Proses mengganti atau melepas saringan udara Mitsubishi Mirage tidak sulit,  bahkan apabila anda sudah terbiasa, Anda mampu melakukannya dalam waktu 5 menit

Cara mengganti saringan udara Mitsubishi Mirage sebagai berikut:

1. Lokasi. Lokasi saringan udara mitsubishi mirage terletak di dalam glove box. Cara aksesnya yakni Anda hanya perlu membuka glove box tersebut. Apabila Anda intip kedalam, akan terlihat cover saringan udara berwarna hitam

Posisi Glove Box di sisi kiri kabin depan Mitsubishi Mirage
  
2. Cara buka Cover Saringan Udara. Apabila tangan anda mampu menjangkau cover saringan udara, Anda tidak perlu melepas glove box. Anda cukup menjangkau clip di sebelah kanan cover saringan udara, lalu pencet kekiri untuk membukanya, lalu tarik cover saringan udara tersebut ke arah anda sambil ditarik ke kanan sehingga kaitan yang ada di sebelah kiri cover saringan udara dapat lepas

Posisi Saringan Udara Mitsubishi Mirage

Cover Saringan udara Mitsubishi Mirage yang telah terlepas, clip pengunci disebelah kanan, 2 pengait disebelah kiri

3. Setelah cover saringan udara dapat dilepas, anda dapat melihat saringan udara di dalamnya. Untuk melepasnya, cukup ditarik keluar

Saringan udara Mitsubishi Mirage (tidak tertutup cover)


Saringan Udara dan Cover Saringan udara Mitsubishi Mirage
4. Proses pemasangan merupakan proses kebalikan dari proses pelepasan nya. Harap di ingat posisi saringan udara pada ketika dilepas, sehingga anda tidak terbalik dalam memasang saringan udara

Sumber http://www.bekasiotomotif.com

Mobil Anda Lecet/Baret Begini Tips dan Solusinya!

 Solusi Cara Merawat cat kendaraan beroda empat itu gampang-gampang susah. Pasti ada perasaan ga rela apabila kendaraan beroda empat kesayangannya baret terutama karena faktor eksternal bukan karena kesengajaan atau kecorobohan kita.

Baret, walaupun kecil tapi bagi beberapa orang mampu membuat tidak mampu tidur. Banyak cara menghilangkan baret pada kendaraan beroda empat yang dapat anda temukan diberbagai media. Salah satunya baret mampu dihilangkan dengan cara  pemolesan. Akan tetapi, tahukah anda memoles kendaraan beroda empat dengan materi abrasif maka cara kerja nya menghilangkan baret yaitu dengan mengkikis cat kendaraan beroda empat anda?






Pada umumnya, cat kendaraan beroda empat terdiri dari 3 lapisan yang terdiri atas:

  1. Lapisan pertama yang disemprotkan pribadi di atas body kendaraan beroda empat yang dikenal dengan primer / prime coat / cat dasar.
  2. Lapisan kedua lapisan diatas primer yang dikenal dengan base coat, yaitu cat kendaraan beroda empat dengan warna yang berbeda-bedaa sesuai spek dari kendaraan beroda empat tersebut (warna cat yang kita lihat di kendaraan beroda empat merupakan warna base coat).
  3. Lapisan ketiga dan terluar yaitu clear coat, yang memperlihatkan kesan mengkilap pada cat kendaraan beroda empat , terutama yang mobilnya berwarna cat metalik.


Pada gambar diatas mampu dibandingkan permukaan kendaraan beroda empat gres yaitu kinclong tanpa ada baret dan mulus menyerupai permukaan air. Maka dari itu timbul kesan mengkilap kinclong pada kendaraan beroda empat baru.


Gambar diatas yaitu tipe-tipe baret pada cat mobil.

Yang paling ringan yaitu baret yang hanya menggores adegan clear coat. Biasanya juga disebabkan oleh hal-hal ringan menyerupai tergores kuku, tergesek debu pada ketika basuh mobil, tergesek bulu kemoceng, dll.

Baret tipe kedua yaitu baret yang lebih dalam hingga tembus kena ke base coat atau malah mampu hingga ke lapisan clear coat. Biasanya disebabkan karena srempetan, atau di baret oleh orang sirik menggunakan benda keras.

Baret tipe ketiga yaitu baret yang tembus hingga kena metal / besi body kendaraan. Biasanya disebabkan oleh srempetan yang keras, tabrakan, atau dibaret oleh orang sirik menggunakan benda tajam menyerupai ujung runcing paku besi. Tipe baret ini yang berbahaya karena membuat besi body kendaraan beroda empat terpapar dengan udara dan air. Gabungan antara besi + udara + air yaitu KARAT.

Kalau ada baret yang hingga kelihatan bodynya tidak ada cara lain, harus segera di tutup baret nya. Bisa dengan dibawa ke bengkel body atau sementara ditutup dengan cat menggunakan kuas kecil.


Ilustrasi diatas pertanda baret halus yang dikikis menggunakan materi abrasif. Memang baret halus nya hilang, tapi sekaligus juga menipiskan cat clear coat yang ada di kawasan tersebut.

Bila baret nya sudah hingga ke base coat harus hati-hati menggosok materi abrasif tersebut.
Karena cat base coat rata-rata berwarna doff atau tidak mengkilap. Bila kita gosok hingga benar-benar menghabiskan lapisan clear coat nya, maka mampu makin amburadul cat nya, karena nanti yang terlihat malah lapisan base coat yang berwarna doff sehingga terlihat kontras dengan sekeliling nya yang masih memiliki clear coat / mengkilap.


Jadi, bijaksanalah dalam menggunakan materi abrasif sebagai cara menghilangkan baret pada kendaraan beroda empat anda dan membuat kendaraan beroda empat anda kembali kinclong, karena bisa-bisa cat kendaraan beroda empat anda menjadi tidak mengagumkan lagi kalau kasusnya menyerupai ilustrasi di atas


Sumber http://www.bekasiotomotif.com

Saringan Udara Honda Brio, Honda Mobilo dan Honda BR-V

Tahukah Anda bahwa kendaraan beroda empat keluaran HPM ibarat Honda Brio, Honda Mobilo dan Honda BR-V kesayangan Anda Honda tidak dilengkapi dengan filter kabin/filter AC akan tetapi sudah tersedia slot untuk daerah filter AC di sistem pendinginnya walau tanpa tutup/cover.

Filter AC berfungsi mengurangi secara signifikan bubuk dan kotoran masuk ke dalam evaporator dalam proses pendinginan kabin. Evaporator merupakan komponen vital yang menjaga udara kendaraan beroda empat bersih, sehat dan fresh sehingga menjaga kenyamanan penumpang.

Lokasi dan cara pemasangan filter AC mobil Honda BR-V sama dengan Honda Brio dan Honda Mobilio.

Secara garis besar yang harus anda lakukan ialah melepas glove box, memotong pintu masuk filter, memasang filter dan cover, memasang kembali glove box.

Semua dapat Anda lakukan sendiri dalam jangka waktu 5 menit dengan hanya menggunakan cutter sebagai alat pemotong.

Berikut ialah tutorial pemasangan filter kabin di mobil Honda BR-V

1. Lokasi Filter kabin (AC) Honda BR-V sama dengan kendaraan beroda empat Honda Mobilio dan Honda Brio yaitu dibelakang glove box yang berada di dasboard di depan dingklik penumpang baris pertama.

Buka glove box, lalu tekan kedua sisi glove box untuk melepas glove box dari dudukannya (gambar 1).

Setelah glove dibuka, Anda dapat dengan leluasa mengganti filter kabin

Gambar 1 (atas). Tekan kedua sisi glove box untuk melepas glove box
Gambar 1 (bawah). Lokasi filter kabin dibelakang globe box

2. Potong sisi tipis disekitar tutup daerah filter kabin menggunakan cutter untuk melepas tutup filter kabin (gambar 2)
Gambar 2. Potong sisi tipis filter kabin

3. Masukan filter kabin kedalam tempatnya, lalu tutup filter kabin dengan cover yang telah Anda beli
Filter kabin dimasukan kedalam tempatnya

Posisi filter kabin yang telah ditutup dengan cover
4. Pasang kembali glove box

Apabila kode yang dijabarkan di atas kurang jelas, Anda dapat menonton video tutorial dibawah terkait cara pemasangan filter AC di kendaraan beroda empat Honda Mobilio yang memiliki kemiripan dengan cara pasang filter kabin di Honda BR-V.





Sumber http://www.bekasiotomotif.com

Spesifikasi dan Harga Suzuki Satria F 150 Injeksi

Spesifikasi dan Harga Suzuki Satria FU Injeksi – Pasca kedatangan Yamaha MX-King dan Honda Sonic 150R, Suzuki mau tidak mau harus berbenah diri. Sebab dari data di lapangan, pangsa pasar Suzuki Satria F150 Injeksi generasi lama kian tergerus oleh kedua motor angsa sport lansiran kompetitornya tersebut. Hingga hasilnya PT Suzuki Indomobil Sales 2W (SIS) merasa wajib melaksanakan regenerasi untuk motor yang menjadi tulang punggung penjualannya tersebut. Kabar mengenai kedatangan Suzuki Satria FU Injeksi versi injeksi sebenenarnya sudah mencuat semenjak dua tahun lalu, namun butuh beberapa tahun bagi Suzuki Indonesia untuk melahirkan kembali ganerasi terbaru dari motor yang memiliki sejarah panjang di Indonesia ini. Tenggelam di antara dua pesaing beratnya, tentu Suzuki terang tak bisa tinggal diam. Hal ini semakin dipertegas fakta bahwa Suzuki Satria F150 Injeksi merupakan penguasa kelas angsa underbone 150cc yang selama bertahun-tahun singgasananya tak tergoyahkan. Hadirnya Yamaha MX King lalu disusul Honda Sonic 150R memang menggerus pasar Satria FU. Meski Suzuki sendiri sempat melaksanakan perubahan minor dalam bentuk versi facelift, namun hal itu nyatanya tak terlalu menolong. Hingga hasilnya lahirlah Suzuki Satria FU Injeksi versi injeksi yang memperlihatkan aura dan spirit gres lewat mesin gres dan desain terkini.


Secara resmi, PT SIS merilis All New Suzuki Satria F150 Injeksi pada awal pekan kemarin dengan mengambil daerah di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat. Generasi gres ‘Si Ayam Jago’ Satria F150 ini membawa tagline ‘Berani Diadu’ yang mewakili semangat gres yang dibawanya. Tak tanggung-tanggung, generasi keempat dari keluarga Suzuki Satria FU Injeksi ini mengusung perubahan total bila dibandingkan versi sebelumnya. Jika sebelumnya Satria F150 membawa mesin berpengabut karburator, maka kali ini Suzuki sudah menyematkan teknologi Fuel Injection untuk motor hyper-underbone andalannya tersebut. Lewat mesin 150cc DOHC 4-Valve Single Cylinder FI Dual Spray Injector yang dibawanya, Suzuki mengklaim bahwa pendekar barunya ini yaitu yang paling ‘liar’ di kelasnya. Dapur pacu bermesin gres memang menjadi andalan Suzuki Satria F150 Injeksi ini. Apalagi, Chief Engineer All New Satria F150, Mitsuru Tachikawa berani mengatakan bahwa di kelasnya, model motor bebek hyper-underbone andalan Suzuki yang kini berteknologi injeksi itu menjadi angsa 150cc tercepat. Dibandingkan dua kompetitor, performa Suzuki Staria F150 versi injeksi diklaim selalu berada di atas berdasarkan hasil uji internal. Tak hanya itu saja, Suzuki Satria FU Injeksi yang megalami major change ini juga memiliki banyak fitur modern terbaru, menyerupai konsol meter full digital, LED lamp, shuttered key, sasis baru, hingga komponen elektronik yang lebih mutakhir. Secara garis besar, Suzuki memang menyerupai tak mau main-main lagi dalam menghadapi kompetitornya di segmen angsa sport 150cc. Berbekal nama besar dan dahsyatnya performa Satria FU, Suzuki pun membangun Satria F150 FI dengan kekuatan terbaik. Nah untuk mengetahui bagaimana detail teknisnya, Mas Sena sudah menyiapkan ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Suzuki Satria F150 Injeksi pada segmen-segmen di bawah ini.

Spesifikasi Suzuki Satria FU Injeksi
Desain Body Ramping dan Semakin Agresif Tegaskan Aura Hype-underbone Sejati
Untuk segmen pembuka, menyerupai biasa Mas Sena akan melaksanakan review untuk spesifikasi Suzuki Satria FU Injeksi di sektor tampilannya. Meski secara umum masih membawa desain motor ‘ayam jago’ yang kental, namun secara mendetail motor ini 90 persen meninggalkan desain lamanya. Mulai dari penampakan sektor headlamp yang kini terlihat lebih garang, sedikit menyerupai dengan wajah robot Transformers. Desain headlamp Suzuki Satria F150 Injeksi yang lebar ini juga sudah dijejali dengan teknologi LED lamp dengan sein yang dibuat menyatu bersama lampu utama. Pada adegan headlamp-nya sendiri juga memiliki fungsi masing-masing dengan pengoperasian yang menarik. Bergerak ke adegan samping body, aura hyper-undebone masih kentara jelas. Hanya saja menurut Mas Sena untuk konsep desain Suzuki Satria FU Injeksi versi injeksi ini lebih proposional ketimbang versi karburator dan tampak lebih padat. Satu-satunya yang masih cukup melekat berpengaruh aura Satria FU yaitu di sektor buritannya, dimana untuk sektor yang satu ini terang Suzuki masih cukup percaya diri dengan mendesain sektor stoplamp LED yang tak jauh berbeda dengan versi karburatornya yaitu lancip. Secara umum bisa dikatakan desain Suzuki Satria F150 Injeksi FI kali ini benar-benar membawa detail yang baru, menyerupai fairing yang lebih bergairah dengan lubang pembuang panasnya, fairing ini bahkan dirancang dengan cukup mencolok memanjang hingga cover engine di adegan bawah. Hasilnya, Suzuki Satria FU Injeksi terlihat lebih sporty. Belum lagi komponen penunjang menyerupai spion, visor, spakbor belakang yang nampak lebih racing semakin menunjang tampilan spesifikasi Suzuki Satria F150 Injeksi secara umum.

Konsol Meter dengan Panel Full Digital Mudahkan Pengecekan Kondisi Motor
Selanjutnya, kita akan membahas spesifikasi Suzuki Satria FU Injeksi di adegan yang cukup menarik perhatian, yaitu konsol meternya. Dimana untuk piranti yang satu ini, Suzuki telah menyampaikan teknologi terbaik pada Bro dan Sist semuanya. Pada sektor speedometernya tak lagi menyematkan model semi digital namun sudah full digital dengan panel instrumen terlengkap di kelasnya. Dengan lampu latar berwarna orange yang ramah di mata, bingkai konsol meter pada Suzuki Satria F150 Injeksi juga terasa simetris layaknya kokpit kendaraan beroda empat dengan nuansa sporty yang begitu kuat. Selain mengusung penampilan gres yang pastinya user friendly, dashboard pada motor ini juga sudah dibekali dengan kelengkapan panel yang informatif. Adapun konsol meter Suzuki Satria FU Injeksi ini bisa menampilkan penunjuk waktu, indikator FI, penunjuk kecepatan, tachometer, indikator posisi gear, indikator bensi, indikator RPM, twin trip, indikator temperatur pendingin, bahkan ada juga indikator interval oli yang mungkin tidak akan kita jumpai di motor lain sekelasnya. Semua panel indikator ini juga disajikan dengan sangat informatif dan pengoperasian lewat tombol yang cukup mudah. So, lagi-lagi lewat konsol meter terbarunya ini spesifikasi Suzuki Satria F150 Injeksi memperlihatkan value lebih sebagai motor angsa sport kelas 150cc.

Dimensi Kompak dengan Posisi Berkendara yang Lebih Nyaman
Pada segmen selanjutnya ini, Mas Sena akan membahas spesifikasi Suzuki Satria FU Injeksi di adegan dimensinya. Meski kali ini diracik tanpa menghilangkan kesan sporty dan race look, namun ternyata Satria F150 FI juga sudah dirancang untuk menyampaikan tingkat pengendalian yang lebih baik selain posisi riding yang lebih dimaksimalkan. Untuk dimensinya sendiri, Suzuki Satria F150 Injeksi ternyata paling ramping di kelasnya dengan panjang 1960 mm, lebar 675 mm, dan tinggi 980 mm sehingga motor ini sangat asik diajak bermanuver di jalan raya. Memiliki ground celarance setinggi 150 mm juga menjadikannya masih aman untuk melesat di karakteristik jalanan Indonesia. Berikut juga dengan bobot Suzuki Satria FU Injeksi yang cukup ringan, yakni 109 kg saja. Sebenarnya diam-diam dari pengurangan berat badan Satria F150 yaitu terletak pada detail beberapa komponennya yang dipangkas sehingga bobotnya menjadi lebih ringan. Konsekuensi dari sektor dimensional pada spesifikasi Suzuki Satria F150 Injeksi lebih ‘slim’ ini membuatnya memiliki tingkat pengendalian dan handling yang lebih baik di kelasnya, bahkan jikalau dibandingkan dengan versi karburator.

Didukung Suspensi Berkualitas untuk Menjamin Stabilitas Berkendara
Diracik untuk memiliki performa liar, pastinya Bro dan Sist juga membutuhkan pertolongan suspensi berkualitas untuk menjamin berkendara yang lebih nyaman. Untuk piranti yang satu ini sepertinya Suzuki masih mempertahankan piranti pada spesifikasi Suzuki Satria FU Injeksi versi lawas yang dinilai masih mumpuni dalam menunjang performa berkendara. Dimana Satria F150 FI kali ini dibekali dengan suspensi teleskopik di adegan depan dan suspensi berjenis monoshock di adegan belakang. Menariknya lagi untuk menjamin stabilitas berkendara, Suzuki Satria F150 Injeksi juga sudah mengadopsi rangka jenis Twin Spar yang memiliki bobot ringan namun lebih rigid. Beranjak ke sektor pengereman, juga ada perbedaan dengan varian lamanya dimana Suzuki Satria FU Injeksi kali ini sudah membawa petal disk brake (cakram) dengan diameter lebih lebar bermodel wave dua piston kaliper di adegan depan dan cakram wave single piston di adegan belakang. Dengan cakram gres ini, Suzuki menjamin metode pengereman pada Suzuki Satria F150 Injeksi akan lebih baik dibandingkan pendahulunya. Bergerak ke sektor kaki-kaki, Satria F150 kali ini membawa desain velg yang tak jauh berbeda dengan sebelumnya, namun untuk velg barunya ternyata membawa bobot yang lebih ringan demi alasan performa handling. Sementara velg racing pada spesifikasi Suzuki Satria F150 Injeksi di adegan kaki-kaki tersebut dibalut dengan ban tubeless yang memiliki alur gres berukuran 70/90-17 38P di adegan depan dan 80/90-17 50P di adegan belakang.

Performa Paling Liar di Kelasnya dengan Mesin Baru 150cc DOHC 4-Valve Single Cylinder
Tibalah kita pada pembahasan untuk spesifikasi Suzuki Satria FU Injeksi di adegan mesinnya yang diklaim merupakan mesin yang benar-benar gres dan memiliki performa paling ganas di antara kompetitornya. Sebagai penerus DNA Satria atau FXR 150, terang untuk sektor yang satu ini Suzuki tidak akan main-main. Sebab DNA pendahulunya memang sudah melekat berpengaruh dengan identitas kecepatan. Suzuki Satria F150 Injeksi kali ini membawa mesin 150cc DOHC (Double Overhead Camshaft) 4-Valve Single Cylinder yang memang sudah menjadi identitas Satria F150 semenjak generasi pertama. Namun untuk mesin barunya, pada Satria F150 FI ini sudah dirancang dengan konstruksi menyerupai motor balap dengan pembaruan valve setting angle yang lebih rapat dan valve diameter yang lebih besar. Sementara itu untuk mengejar performa balap, kali ini Suzuki Satria FU Injeksi juga diperkuat throttle body berukuran 32 mm layaknya motor spek sirkuit. Lantas untuk komponen pistonnya, Satria F150 memiliki bobot yang lebih ringan namun diracik lebih berpengaruh berteknologi SCEM (Suzuki Composite Electrochemical Material) pada adegan dinding silinder mesin. Hal ini membuat mesin All New Suzuki Satria F150 Injeksi tetap berpengaruh dan abadi walaupun dipacu dalam kecepatan tinggi. Hasil dari kombinasi tersebut, motor ini memiliki power dan torsi paling melimpah di kelasnya dengan tenaga hingga 13, KW/1.000 rpm dan torsi puncak mencapai 13,8 Nm/8.500 rpm yang disalurkan dalam transmisi manual 6 percepatan. Di atas kertas, Suzuki Satria F150 Injeksi FI ini memang memiliki power paling ganas di kelasnya. Selain itu, motor ini juga memiliki karakteristik mesin overbore dengan rasio kompresi 11.5 :1. Dengan huruf menyerupai ini, Satria F150 akan bisa memuntahkan power yang terus konsisten, baik di angkatan awal hingga kecepatan tinggi. Meski memiliki performa liar, namun Suzuki Satria FU Injeksi juga memiliki tingkat efisiensi materi bakar yang cukup tinggi. Hal ini tidak lain alasannya yaitu hadirnya sistem suplai materi bakar Fuel Injection yang dikombinasikan dengan Dual Spray Injector yang dikendalikan secara otomatis oleh ECM (Electronic Control Module). Hasilnya, mesin pada spesifikasi Suzuki Satria F150 Injeksi ini memiliki konsumsi BBM bisa mencapai 50 km/liter.

Dilengkapi Banyak Fitur Modern yang Fungsional
Hadir dengan huruf ‘speed’ khas motor sport, tak lantas membuat Suzuki meninggalkan aspek utilitas pada motor terbarunya ini. Dimana untuk fitur penunjang pada spesifikasi Suzuki Satria FU Injeksi memiliki ragam fitur yang mumpuni dan mengutamakan fungsionalitas. Dimulai untuk fitur bagasi, kini Satria F150 memiliki bagasi untuk menyimpan barang berharga yang ditempatkan di dashboard depan. Kemudian untuk fitur pengamanan, Suzuki Satria F150 Injeksi dilengkapi Safety Shutter Key (kunci magnet pengaman) model terbaru yang bisa dioperasikan dengan satu langkah yang lebih praktis. Layaknya motorsport masa kini, Satria F150 juga memiliki footsetep yang bisa ditekuk dan terdapat sensor kemiringan. Untuk elektrik starternya, Suzuki Satria FU Injeksi juga mengadopsi 1-Push Electric Starter. Dengan fitur gres ini, Bro dan Sist tidak perlu menahan tombol starter untuk menghidupkan mesinnya, melainkan cukup satu sentuhan saja. Pada adegan joknya juga dirancang untuk karakteristik orang Indonesia dengan tingkat kenyamanan tinggi dan pengendara bisa lebih menapak tepat ke tanah. Terakhir, spesifikasi Suzuki Satria F150 Injeksi hadir dengan muffler atau knalpot model barunya yang mengalamai pembesaran pipa. Slauran gas buang berdesain gres ini diklaim bisa meghasilkan tenaga lebih responsif alasannya yaitu pembuangannya lebih sempurna.

Suzuki Satria FU Injeksi

MesinJenis Mesin4-Stroke DOHC, 4-Valve Single Cylinder, Liquid CooledIsi Silinder147,3 ccDimensi x Langkah62,0 mm x 48,8 mmRasio Kompresi11,5Daya Maksimum13,6 Kw (18,49 hp) / 10.000 rpmTorsi Maksimum13,8 Nm / 8.500 rpmSistem Bahan BakarFuel InjectionSistem PengapianEuro3, TransistorizedSistem Starter1-Push Electric StarterTransmisi6 percepatanKapasitas Tangki4.0 literSistem StarterElektrik dan KakiDimensiP x L x T1.960 mm x 675 mm x 1.280 mmJarak Pijak150 mmTinggi Jok765 mmBerat Kosong109 kgRangkaTipe RangkaUnderboneSuspensi DepanTeleskopik, pegas spiral, ganjal oliSuspensi BelakangLengan ayun, pegas spiral, ganjal oliRem DepanNew Petal Design Disc BrakeRem BelakangNew Petal Design Disc BrakeRoda Depan70/90-17 38PRoda Belakang80/90-17 50PVelgRacing

Harga Suzuki Satria FU Injeksi

Bagaimana Bro dan Sist? Setelah Mas Sena mengungkapkan spesifikasi dari Satria F150 FI secara mendetail di tiap sektornya, apakah sudah merasa cukup puas? Jika sudah, maka waktunya kita akan mengulas kisaran harga Suzuki Satria FU Injeksi yang akan menjadi penantang berpengaruh bagi Honda Sonic 150R yang sama-sama bersegmen ayago ini. So, kehadiran Satria F150 yang memang sudah cukup lama ditunggu hasilnya menghilangkan rasa penasaran publik akan sosok motor bergaya hyper underbone ini. Datang dengan membawa perubahan total, Suzuki Satria F150 Injeksi lewat mesin barunya yang berkubikasi 150cc DOHC 4-Valve Single Cylinder berpengabut materi bakar Fuel Injection Dual Spray Injector memperlihatkan performa paling powerful di kelasnya. Begitupula pada desain tampilannya yang kali ini cukup mengalami perombakan desain menjadi lebih modern. Sampai di adegan mesin, kita pun bekerjsama sudah bisa menebak bahwa harga Suzuki Satria F150 Injeksi ini pasti akan mengalami peningkatan dari versi karburator. Tak cukup hingga di sini saja, Satria F150 yang mengalami major change ini juga dijejali banyak fitur modern terbaru menyerupai konsol meter full digital, LED lamp, shuttered key, sasis baru, hingga komponen elektronik yang lebih mutakhir. Lalu dengan banyaknya keistimewaan yang dimilikinya, berapa ya kisaran harga Suzuki Satria FU Injeksi ini?

Sebenarnya, sebelum resmi di-launching pada awal pekan kemarin, pihak PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) telah melaksanakan pendistribusian Satria F150 ke dealer-dealer di seluruh Indonesia. Sehingga soal harga Suzuki Satria FU Injeksi tentunya tidak lagi menjadi kejutan. Mengenai harganya sendiri, ternyata Suzuki masih menyematkan harga yang bersaing untuk generasi anyar Satria F150 ini. Dimana untuk generasi gres Suzuki Satria F150 Injeksi ini akan hadir dalam dua varian, yaitu Standar Version (Titan Black/Solid Black/Brilliant White/Solid Black dan Stronger Red/Titan Black) yang dibanderol dengan harga mulai Rp 21.650.000,- . Kemudian ada juga varian High Grade Version (Macho Bright Blue/Titan Black/Solid Black-Red CW) yang dipatok dengan harga mulai Rp 21.950.000,-. Harga Suzuki Satria F150 Injeksi tersebut yaitu harga resmi On-the Road (OTR) untuk Wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, sehingga kemungkinan harganya bisa berbeda dengan domisili Bro dan Sist semuanya. Namun secara umum, banderol harga Suzuki Satria FU Injeksi ini memang sangat kompetitif untuk segmen angsa sport berkapasitas isi silinder 150cc.

Harga Suzuki Satria FU Injeksi

TipeHargaSuzuki Satria F150 Injeksi Standar Version (Titan Black/Solid Black/Brilliant White/Solid Black/Stronger Red/Titan Black)Rp 21.650.000,-Suzuki Satria F150 Injeksi High Grade Version (Macho Bright Blue/Titan Black/Solid Black-Red CW)Rp 21.950.000,-
Melihat harga Suzuki Satria FU Injeksi yang ditawarkan, memang banderol harganya lebih mahal jikalau dibandingkan kompetitornya. Namun menurut Mas Sena, untuk harga dengan spesifikasi atau fitur yang ditawarkan oleh Satria F150 bekerjsama sudah cukup berimbang. Dimana dengan harga sebesar itu, kita akan menerima motor dengan performa yang tak perlu diragukan lagi lengkap fitur modern layaknya motor premium. Rilisnya Suzuki Satria F150 Injeksi ke pasaran bisa jadi berpotensi mengubah peta persaingan motor berkubikasi 150cc di segmen cube atau angsa yang ketika ini menjadi segmen favorit konsumen Indonesia setelah kelas low-end sport 150cc. Dengan pilihan harga Suzuki Satria F150 Injeksi yang kompetitif, tak mengejutkan jikalau penjualan Satria F150 ini diprediksi bakal moncer di pasaran. Apalagi dengan nama besar Suzuki Satria yang notabene merupakan motor idola kalangan anak muda. Tak berlebihan pula jikalau Suzuki hasilnya menargetkan penjualan motor terbarunya tersebut bisa sebanyak 10.000 unit perbulan. So, buat Bro dan Sist yang merupakan penggila kecepatan namun masih mengedepankan fungsionalitas, tentunya banderol harga Suzuki Satria FU Injeksi bisa jadi alternatif menarik untuk kau semua. Sekian dulu review Mas Sena soal pendekar gres Suzuki ini. Jangan lupa baca juga ulasan menarik lainnya mengenai Honda Sonic 150R

Sumber http://www.bekasiotomotif.com