Jumat, 29 September 2017

Fungsi Dari Lubang Kecil di Knalpot yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Beberapa knalpot sepeda motor  dilengkapi dengan lubang kecil yang berada di bab bawah bersahabat silincer. Ini terutama terdapat pada sepeda motor lawas semisal Honda Karisma atau Yamaha Nouvo dan motor lawas lainnya.

Mungkin anda fikir lubang kecil ini sekilas memang tidak ada manfaatnya. Bahkan masih ada yang menganggapnya sebagai cacat produksi. Lubang yang besarnya tak lebih dari 2 milimeter ini pun kemudian ditutupi ataupun di las. Namun benarkah lubang kecil itu tidak ada fungsinya  begitu?

Memang banyak yang tidak mengerti tutup manfaat  lubang itu. Padahal itu kawasan untuk kanal pembuangan kalau-kalau knalpot anda kemasukan air.
Pada ketika sepeda motor anda digunakan kala hujan, bahkan hingga melewati genangan banjir, atau ketika juga pada ketika dicuci, knalpot motor anda akan  berpotensi kemasukan air. Jika air ini masuk hingga bab mesin, dapat dipastikan motor tidak akan mampu  hidup.

Dengan adanya lubang ini, maka kemungkinan tersebut mampu diantisipasi. Air akan keluar sebelum melewati pangkal knalpot motor anda.

Lantas apakah lubang ini mampu dibuat? Menurut pendapat beberapa mekanik notor  bisa. Dengan syarat diameternya tak boleh terlalu besar. Yang aman ialah mengikuti standar pabrikan, 1 hingga 2 mm saja.

Anda bikin lubang sendiri bisa, dengan cara dibor saja. Tapi ingat jangan hingga lubangnya terlalu besar. Ikuti standar pabrik, satu lubang diameternya 1 hingga 2 mm. Soalnya, bila kebesaran tidak enak, jadi ibarat knalpot bocor suaranya,"  dan juga mampu mengganggu kenyamanan yang mengendarai.


Sumber http://www.bekasiotomotif.com

0 komentar:

Posting Komentar